27 Jun 2014

Cara Aman Menghapus PTK Double di Aplikasi Dapodikmen

Dapodikmen 2014

Tips ini saya berikan kepada teman-teman yang mengalami atau menjumpai PTK yang double atau sama di aplikasi dapodikmennya. Lalu bagaimana cara kita menghapus salah satunya. Karena jika tidak hati-hati bisa ikut menghapus data yang lain, terutama jika PTK tersebut sudah di masukkan ke pembagian rombel di aplikasi dapodikmen, karena jika menghapus PTK yang ada di rombel maka nanti rombelnya akan ikut terhapus juga dan otomatis anggota rombel juga akan ikut terhapus dan kita akan melalukan pekerjaan dua kali untuk memasukkan siswa tersebut. Lalu bagaimana cara kita untuk menghapusnya dengan benar semoga tips di bawah ini bisa membantu kawan-kawan yang mengalami masalah ini :

  1. Pilih salah satu dari PTK yang namanya berganda, lalu hapus seperti biasa menggunakan tombol yang sudah di sediakan di aplikasi dapodikmen akan tetapi jika PTK itu sudah masuk di pembagian rombel caranya adalah pilih saja salah satu dari data PTK yang namanya berganda, dan jangan lupa dihapus data ptk tersebut yang ada pada rombel. Jadi yang kita hapus bukan rombelnya tapi data gurunya itu misalnya ada guru matematika yang, jadi kita hapus pelajaran itu dan entri ulang pelajaran itu dengan memasukkan data guru penggantinya. Setelah menghapus tekan tombol ctrl + f5 agar field yang sudah terisi bisa tersimpan dengan sempurna.
  2. Jika PTK tersebut menjadi wali kelas tentu beda perlakuannya dengan PTK yang bukan menjadi wali kelas. Untuk PTK yang menjadi wali kelas berikut cara menghapusnya  Karena Jika guru yg menjadi wali kelas dihapus maka rombelnya akan terhapus. Efeknya anggota rombelpun akan hilang dan otomatis pembelajaran yang sudah di susun itu akan hilang juga. Nah caranya kalau yang double itu wali kelas, maka rubah dahulu wali kelasnya menjadi PTK lain, lalu lakukan refresh dengan menekan kombinasi tombol ctrl+f5, dan terakhir masukkan kembali nama wali kelas yang sebenarnya pak. ini dilakukan agar data yg menjadi walikelas itu bukan data ptk yg replikanya (double) yang telah kita hapus, tapi data double yang tidak kita hapus tadi. Semoga bisa membantu, mohon maaf kalau ada kekeliruan.

Creatif By : Andry Hadinata |Dhinata 28

Terimah Kasih telah membaca artikelCara Aman Menghapus PTK Double di Aplikasi Dapodikmen. Yang ditulis oleh Andry Hadinata .Pada Tanggal 27 Jun 2014. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Terimakasih

Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment