27 Apr 2014

Sukses Sinkronisasi Pacth 207c


       Setelah di keluarkannya pacth 207c oleh Tim Pengembang Aplikasi Dapodikdas, maka tiba saatnya para operator untuk mengupgrade versi aplikasinya yang semula masih menggunakan versi 206 yang sudah expired untuk di ganti menggunakan aplikasi dapodikdas versi 207c. Setelah melakukan proses instalasi software pacth tersebut, maka langkah selanjutnya yang dilakuan oleh operator adalah melakukan proses sinkronisasi dengan tujuan untuk mengupdate data sekolah, baik itu data PTK, Peserta Didik, Pembelajaran dan lain sebagainya untuk di aktifkan di bulan april ini.
     Siapa yang tidak menginginkan untuk sukses sinkron, semua operator pasti menginginkannya, tidak terkecuali saya sendiri sebagai operator sekolah. Tulisan ini lahir bukan di sengaja apalagi pengen cari popularitas, akan tetapi semata-mata untuk membantu rekan operator semuanya. Saya mengamati dan mengambil sample beberapa laptop yang sudah terinstal aplikasi dapodikdas milik sekolah lain yang kebetulan secara bersamaan di lakukan sinkron dengan sekolah lain (dalam hal ini adalah kawan-kawan OPS Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara). Perbedaan ini tampak dari hal-hal yang di temui pada proses sinkronisasi, adapun hal yang di maksud yaitu :
1. Ada yang tidak bisa melakukan UPDATE VERSI SINKRONISASI,
2. Ada yang internetnya DISCONNECTED padahal Modem keadaan always ON
3. Ada yang tampilan sinkronisasinya BLANK (Putih)padahal sudah menekan tombol ctrl + f5
4. Ada yang sudah sinkron tiba-tiba sinkron berhenti di tengah jalan karena jalur internet terputus.
       Dari beberapa permasalahan di atas, saya mencoba membandingkan dengan aplikasi yang terinstal di laptop saya dan hasilnya he..he (sombong dikit), saya tidak mengalami kendala seperti permasalah di atas. Setelah saya tanya mendapat sms/telpon/bahkan inbox di facebook dan melihat sendiri hasil dari kawan-kawan yang datang ke rumah. Dapat saya simpulkan dari permasalahan di atas bahwa akar dari permasalahan ini adalah KESEHATAN dan PERANGKAT PENDUKUNG yang terinstal di laptop itu sendiri. Laptop/komputer yang tidak terlindungi alias gak punya anti virus, meskipun punya anti virus tapi ndak pernah di update juga menjadi titik permasalahan dalam proses sinkronisasi ini, Junk File atau file sampah yang sudah menumpuk dari OS yang terinstal di laptop juga turut menyumbang dalam gagalnya setiap proses yang terkait dengan masalah sinkronisai ini, dan yang paling klasik di antara permasalahan di atas adalah para kawan operator lupa membersihkan HISTORY (riwayat penjelajahan) di browser utamanya example History di browser Google Chrome yang notabene merupakan browser utama untuk kegiatan Dapodik ini.
      Oke tanpa banyak bicara lagi, berikut ini saya akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi permasalahan di atas. Bukan bermaksud untuk mempromosikan sebuah software, tapi alangkah baiknya kalau kita mau mencobanya bagi kawan-kawan OPS yang berminat, dari sekian banyak Registry Cleaner yang ada di Internet, Ccleaner inilah yang paling baik di gunakan, selain tidak memberatkan kinerja komputer kita, aplikasi ini juga mudah di gunakan, bahkan bagi kita yang baru mengenal komputer sekalipun dapat menggunakan aplikasi ini karena penggunaannya yang user friendly. Nah apakah aplikasi yang saya maksud itu dia adalah Ccleaner, sebuah aplikasi kecil tapi sangat membantu kita untuk memperbaiki setiap crash yang terjadi pada OS kita, baik itu dari segi Sistem Operasi maupun dalam membersihkan history/riwayat penjelajahan kita selama browsing.
Berikut ini adalah tutorial untuk menggunakan aplikasi ini, Saya anggap kawan-kawan sudah mendownload aplikasi ini, kalau belum silahkan bisa kawan-kawan download di situs resminya di sini dan instal seperti biasa.
1. Buka aplikasi tersebut dengan cara klik ganda di icon Ccleaner di desktop. Setelah terbuka maka kawan-kawan akan menjumpai tampilan seperti di bawah ini. lihat Urutan dari penggunaan aplikasi ini. 



Hal yang pertama kita lakukan adalah membersihkan windows kita, caranya klik Tombol Kuas di samping (Kotak Merah) kemudian kita pilih Tombol Windows, maka secara otomatis akan muncul tampilan sistem operasi kita, dan pastikan semua kotak yang ada sudah di centang, setelah semua itu kita lakukan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan analisa terhadap sistem operasi di laptop/pc kita dengan menekan tombol ANALYZE, setelah kita menekan tombol tersebut biarkan aplikasi berjalan untuk menganalisa komputer kita sampai dengan 100 %. Maka Setelah 100% aplikasi akan menampilkan apa saja sistem yang bermasalah di laptop kita (lihat kotak warna hijau) itulah aplikasi yang bermasalah di laptop kita. Untuk membersihkannya kita cukup menekan tombol RUN CLEANER, dan tunggu proses sampai sistem yang bermasalah (dalam kotak hijau) hilang semuanya, jika belum ulangi langkah di atas sampai semuanya benar-benar bersih.

 
2. Langkah kedua setelah kita membersihkan windows kita, langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah membersihkan Aplikasi kita, tapi masih menggunakan aplikasi yang sama, sekarang yang kita lakukan adalah membersihkan aplikasi. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini. Pastikan semua kotak yang ada di dalam kotak berwarna ungu tercentang semuanya terutama semua aplikasi browser yang kita gunakan ex Mozilla Firefox dan Google Chrome. dan lakukan seperti proses sebelumnya.

 


 
3. Setelah proses kedua sudah kita laksanakan maka langkah selanjutnya adalah langkah ketiga dan yang       paling pamungkas yaitu membersihkan REGISTRI yang ada di laptop kita. Untuk langkah ke tiga ini bisa di lihat pada gambar di bawah ini, Ikuti setiap alurnya.





        Oke setelah semua proses di atas kita lakukan, tidak ada salahnya kita juga melengkapi software-software pendukung yang lain agar aplikasi dapodik ini bisa berjalan dengan sempurna di laptop kita di antaranya adalah :
  1. Micrososf NET Framework terbaru
  2. Update Flash Player Terbaru
  3. Pastikan tidak menginstal satu browser, gunakan satu browser untuk dapodik dan satu browser lagi untuk kegiatan yang lain
  4. Updatelah selalu browser anda yang di gunakan untuk membuka aplikasi dapodikdas
  5. Jangan memasang plugin di browser Utama untuk membuka aplikasi dapodikdas ini
  6. Selalu updatelah antivirus anda secara berkala. Untuk menjauhkan komputer dari serangan virus yang bisa mengancam kesehatan dari perangkat komputer/laptop anda
  7. Jangan melakukan aktivitas apapun ex : download pada saat melakukan proses sinkronisasi, jadi fokuskan kekuatan sinyal internet anda untuk kegiatan sinkronisasi.
      Demikianlah tips yang bisa saya berikan. Tak ada Gading yang tak retak, silahkan berikan komentar dan saran di tempat yang sudah di sediakan. Terima kasih

Creatif By : http://dhinata28.blogspot.com/ |Dhinata 28

Terimah Kasih telah membaca artikelSukses Sinkronisasi Pacth 207c . Yang ditulis oleh http://dhinata28.blogspot.com/ .Pada Tanggal 27 Apr 2014. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Terimakasih

Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment