30 May 2014

Pentingnya Setting Waktu di Aplikasi Dapodikmen 2014


       Tanggal dan waktu merupakan hal yang sangat penting di dalam sebuah laptop. Kebiasaan orang ketika tekah dihadapan komputer mereka melupakan waktu meskipun waktu dan tanggal di komputernya benar, apa lagi yang tidak benar coba. Bisa dibanyangkan ketika dia asyik dengan komputer atau leptopnya pasti dua jam empat jam tidak terfikirkan bahwa dia telah melewati berjam-jam untuk itu. Memang asik dan membuat lupa jika sudah bermain komputer. Yups tidak terkecuali kawan-kawan Operator Sekolah, tentu hal ini merupakan hal wajib dan pertama kali di lakukan sebelum menginstal aplikasi dapodik di laptop/komputer sobat, entah karena kelalaian atau karena tidak bisa mensetting tanggal dan waktu secara benar, maka hal ini akan menjadi batu sandungan ketika proses sinkronisasi sedang berjalan. Untuk sobat-sobat ketahui bersama bahwa setelah proses instalasi operasi sistem di komputer/laptop kita zona waktu yang digunakan di sana adalah zona waktu internasional. Maka agar sesuai dengan waktu yang ada di Indonesia, kita harus melakukan beberapa perubahan settingan di laptop/komputer kita, agar tidak terjadi baik saat penginputan data sampai dengan proses sinkronisasinya. 
      Baik kawan Operator inilah Cara Mengatur Tanggal dan waktu di Windows 7 yang perlu anda lakukan jika waktu dan tanggal pada komputer anda tidak benar untuk menginstal aplikasi Dapodikmen yang notabene aplikasi ini di buat di Indonesia serta digunakan di Indonesisa juga.

Sebelum Menginstal Aplikasi Dapodikmen hal-hal yang harus diperhatikan antara lain:
  1. Semua Antivirus harus di non aktifkan
  2. Tanggal di komputer/laptop disesuaikan dengan tanggal periode mengajar (semester 1 atau 2) dan tahun pelajaran
      Untuk mengatur tanggal di komputer agar sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, maka langkah-langkah cara menggantinya adalah sebagai berikut :

a. Klik gambar waktu di pojok kiri bawah dengan jalan klik dua kali pada gambar di bawah itu, maka akan muncul gambar jam dan tanggal, kemudian pilih change date and time settings, untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah




b. Kemudian pilih DATE and TIME angka (1) kemudian klik CHANGE DATE and TIME (angka 2), setelah kita mengklik gambar tersebut maka akan muncul tampilan gambar kalender dan waktu, ganti tanggal tersebut dengan tanggal sekarang dengan jalan mengklik salah satu angka di dalam kalender tersebut, kemudian tentukan jam/waktu dengan waktu sekarang, ganti dari depan dan sampai kebelakang. Setelah semuanya beres lanjutkan dengan menekan tombol OK.





c. Setelah kita mensetting DATE and TIME tersebut, langkah selanjutnya adalah mensetting CHANGE TIME ZONE di komputer kita. Adapun langkah-langkahnya adalah lihat gambar di bawah ini




Untuk setting CHANGE TIME ZONE kita harus berpatokan sebagai berikut:
Untuk Indonesia masih memakai 3 zona waktu.

  • Pilih yang UTC+7 untuk Waktu Indonesia Barat
  • Pilih yang UTC+8 untuk Waktu Indonesia Tengah
  • Pilih yang UTC+9 untuk Waktu Indonesia Timur

     Eittss pekerjaan kita belum berhenti sampai di sini, kita harus juga merubah Setting regional dan language di laptop kita, caranya anda bisa melihat gambar di bawah ini dan ikuti langkah-langkahnya.


Gambar 1




Gambar 2


Gambar3



3. Setting regional dan language
 >> Decimal Symbol dengan karakter titik ( . )
 >> Digit grouping symbol dengan karakter koma ( , )
 >> List separator dengan karakter koma ( , )


Oke kawan-kawan operator semuanya. Demikian tips yang bisa saya berikan, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Creatif By : http://dhinata28.blogspot.com/ |Dhinata 28

Terimah Kasih telah membaca artikelPentingnya Setting Waktu di Aplikasi Dapodikmen 2014. Yang ditulis oleh http://dhinata28.blogspot.com/ .Pada Tanggal 30 May 2014. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Terimakasih

Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment