4 May 2014

Tips dan Trick Upload BSD 207 Tanpa Setting FlushDNS



         Sepertinya pepatah "Banyak Jalan Menuju Roma" kali ini masih bisa digunakan deh. Setelah turunnya BSD 207 yang di publish bertepatan dengan tanggal 1 Mei 2014. Maka kewajiban semua operator sekolah untuk menginstal aplikasi tersebut untuk mempercepat pengiriman data ke sekolah ke server p2tk dikdas. Jadi pada fitur aplikasi BSD 207 ini berbeda dengan aplikasi BSD yang sudah di luncurkan sebelumnya, namun pada aplikasi BSD 207 ini sudah di lengkapi dengan fitur pengiriman langsung melalui aplikasi ke server P2TK, jadi para operator tidak perlu repot-repot untuk mengirimkan backupnya melalui OP Simtun Kabupaten cukup melalui aplikasi ini file BSD dapat di kirim langsung. Akan tetapi jangan terlena dengan aplikasi ini sebab sinkronisasi melalui aplikasi dapodik juga tetap harus dilakukan. 
         Nah bagi kawan-kawan yang sudah menginstal aplikasi BSD 207 ini tentu akan menemui beberapa hal dalam pengiriman aplikasi BSD ini. Setiap segala sesuatunya yang berhubungan dengan internet tentu masalah jaringan merupakan hal yang paling penting, secanggih apapun aplikasi yang dibuat, sehebat apapun komputer/laptop yang digunakan, maka semua tersebut tidak akan ada gunanya apabila jaringan/koneksi internet tidak memadai. Tulisan ini saya buat bagi kawan-kawan operator yang tidak memiliki internet speedy di sekolah maupun rumah, entah karena alasan sekolah tidak mampu atau  memang karena jaringan ini belum masuk ke wilayah kita. Penulis sendiri saat pengiriman BSD via aplikasi ini hanya menggunakan modem gsm dengan kecepatan standar, tapi alhamdulillah berkat jaringan yang memadai file BSD 207 berhasil terkirim ke server P2TK Dikdas dengan status sukses tanpa mengubah settingan pada cmd/flushdns (yang lagi ngetren) di kalangan operator sekarang ini.
        Memang selain karena pembatasan pengiriman BSD perharinya ke server p2tk, yaitu satu sekolah cuma diberikan kesempatan satu kali dalam sehari untuk mengirim data BSD ini dan selain itu juga server p2tk juga membatasi kuota untuk melakukan proses pengiriman BSD ini karena mesin penerima juga mempunyai keterbatasan untuk menerima data yang terkirim ke server p2tk. Jadi ketika kita mengupload data BSD melalui aplikasi dan statusnya tertulis Gagal menghubungi server, itu berarti Server penerima sedang di istirahatkan, jadi kalau begini kita harus menuggu untuk pengiriman berikutnya.
Oke berdasarkan pengalaman saya bersama kawan-kawan ketika melakukan proses pengiriman BSD melalui aplikasi ini tanpa mengubah settingan di cmd/flushdns  dan menggunakan internet speedy adalah :
  1. Siapkan modem (Minimal modem yang kapasitas upload dan downloadnya sebesar 7,2 mbps, kalau di bawah ini tidak di sarankan ya) dan beruntungnya OPS yang sekolahnya udah punya Speedy, jadi masalah ini di abaikan saja karena Speedy udah di uji kecepatannya.
  2. Hentikan semua kegiatan yang menggunakan jaringan internet di laptop anda, ex : download, fb, twitt, youtube dll) supaya koneksi internet terfokus pada aplikasi BSD ini.
  3. Bersihkan semua jalur-jalur di OS ex : history, registri di OS menggunakan Cclener
  4. Pastikan sinyal jaringan kuat di daerah anda (sesuaikan dengan kartu GSM yang di gunakan, Full Bar Signal sangat di anjurkan)
  5. Buka aplikasi BSD sesuai dengan ketentuannya yaitu klik kanan pada icon tutwuri jalankan dengan RUN Administrator
  6. Tunggu dan perhatikan tabel kekuatan sinyal pada aplikasi modem anda, tunggu hingga kecepatan minimalnya 4,7 kbps
  7. Tekan tombol LANJUTKAN ketika kekuatan sinyal mencapai 4,7 mbps dan perhatikan apakah statusnya berhasil di terima server, kalau berhasil ya Alhamdulillah, kalau tidak ya ulangi cara di atas.
  8. Jika setelah melakukan cara di atas kemudian tidak berhasil, maka langkah selanjutnya adalah simpan file hasil kiriman BSD tersebut, maka segera hubungi OP Simtun Kabupaten masing-masing untuk di uploadkan file BSDnya. dan perlu diingat menurut Pak Nazarudin Kompetan besar filex tidak boleh kurang dari 4 kb ya dan harus berextension STD dan nama file tidak boleh dirubah.
Berikut ini adalah proses pengiriman data BSD pada laptop penulis menggunakan modem ZTE MF 100 kecepatan 14 Mbps plus kartu 3 unlimited (Maaf bukan promosi..he..he).



         Demikianlah tutorial sederhana ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Segala kritik dan saran atas tulisan ini dikolom komentar dan jangan lupa likenya ya...di tunggu.

Creatif By : http://dhinata28.blogspot.com/ |Dhinata 28

Terimah Kasih telah membaca artikelTips dan Trick Upload BSD 207 Tanpa Setting FlushDNS. Yang ditulis oleh http://dhinata28.blogspot.com/ .Pada Tanggal 4 May 2014. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Terimakasih

Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment